Harddisk Bunyi dan Tidak Terdeteksi

Harddisk Bunyi dan Tidak Terdeteksi - Hallo sahabat Menanti Sang Surya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Harddisk Bunyi dan Tidak Terdeteksi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan silakan anda ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hardisk, Artikel Hardware Komputer, Artikel Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Harddisk Bunyi dan Tidak Terdeteksi
link : Harddisk Bunyi dan Tidak Terdeteksi

Baca juga


Harddisk Bunyi dan Tidak Terdeteksi



Pernahkah anda memasang harddisk IDE internal tambahan pada komputer anda, kemudian terdengar bunyi tek... tek... tek.. berulang-ulang pada harddisk? Selanjutnya harddisk menjadi tidak terdeteksi di BIOS anda? Mungkin anda langsung mengira harddisk tambahan ini mengalami kerusakan.



Itu juga anggapan awal saya ketika memasang harddisk tambahan di komputer saya. Bunyi tek... tek... tek.. seperti menandakan fisik harddisk yang mengalami kerusakan. Tapi ketika saya coba pasang di komputer lain, tidak ada masalah sama sekali. Bunyi tidak terdengar, dan harddisk bekerja dengan baik. Saya kembalikan lagi ke komputer saya, masalah kembali muncul.

Saya coba perhatikan, mungkin masalah di “jumper” yang mengakibatkan konflik dengan perangkat lain. Tetapi tidak ada masalah. Untuk beberapa waktu saya biarkan saja harddisk ini. Sampai beberapa hari kemudian saya iseng mencoba memasangnya lagi. Lho kok... berjalan normal tanpa ada masalah??? Saya penasaran, tapi saya belum menemukan jawabannya.

Beberapa hari berikutnya, ada harddisk lain lagi yang harus saya pasang ke komputer saya. Ternyata harddisk tambahan baru ini kembali berbunyi. Saya coba lepaskan kabel IDE dan power di harddisk yang pertama saya pasang, dan harddisk yang kedua ini saya pasangkan di pada kedua kabel ini, dan ternyata harddisk kedua berjalan dengan baik. Tampaknya masalah ada pada kabel IDE saya, begitu pikir saya. Saya coba ganti kabel untuk lokasi harddisk yang kedua, ternyata masalah kembali timbul.


Dugaan saya beralih ke kabel power supply. Saya coba menukar kabel ini, ternyata harddisk bekerja dengan baik. Bunyi menghilang dan harddisk dapat terdeteksi. Begitu saya kembalikan lagi ke kabel sebelumnya, masalah timbul lagi. Jadi masalahnya ada pada kabel power supply, sepertinya power yang masuk kurang mencukupi akibatnya harddisk berputar lambat dan terdengar bunyi ini.

Untungnya kabel power supply ini jumlahnya lebih dari satu sehingga saya cukup mengunakan kabel lainnya. Jadi jika anda mendengar bunyi harddisk ketika baru memasang, jangan salahkan dahulu harddisknya, coba saja tukar kabel power supplynya. Ini juga berlaku untuk perangkat lainnya seperti CD/DVD-ROM.


Demikianlah Artikel Harddisk Bunyi dan Tidak Terdeteksi

Sekianlah artikel Harddisk Bunyi dan Tidak Terdeteksi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Harddisk Bunyi dan Tidak Terdeteksi dengan alamat link https://menantisangsurya.blogspot.com/2013/06/harddisk-bunyi-dan-tidak-terdeteksi.html

5 komentar:

Unknown said...

Kalau Hardisk Laptop bunyi krek krek krek dan tidak terdeteksi di Laptop itu kenapa?
Tapi kalau di pindah ke PC janalan normal

Arek Gresik said...

Kemungkinan Laptop agan yg bermasalah, coba cek konektor, bunyi krek krek biasanya di power supply yang menggalami penurunan daya, bisa juga IC I/O nya yang kena.
Tapi ada sebagian laptop yg pilih pilih hardisk

Yunita Werdiningrum said...

Halo, hard disk laptop saya jg bunyi tek tek tek seperti itu. Jd pernah saya diamkan bbrp hari lalu tb2 bisa bekerja dgn normal tp setelah dimatikan laptopnya dia begitu lagi. Saya coba ke laptop lain jg ttp bunyi spt itu. Kalau memang hard disk saya yg rusak, masih ada kemungkinan besar bisa diperbaiki kan? Saya sampe panik bgt skrg krn data2nya penting2..

Arek Gresik said...

Halo juga nita, Coba cek konek tor hardisk yang ada di balik mainboard dengan membongkar mur mainboardx, di situ ada konektor/pin biasanya kotor. Coba bersikan dengan karet penghapus atau tiner, demikian semoga membantu.

UltimateThiva said...

mksh y bro..
ane uda 2 hari ini pusing krn tiba2 hard disk bunyi dan ngadat. menurut saya mustahil hard disk bad sector, krn msh 3 tahun dipakai, uda gitu jarang saya gunakan dalam durasi yg lama. Akhirnya saya ketemu dgn artikel Anda.
Btw, thanks, ane hrs ganti PSU.
tp stlh diganti, agab ada saran gak, PSU yg lama dikemanain? Kan sayang dibuang begitu aja..
hehehe..

Post a Comment

Komentar di moderasi, Silahkan tinggalkan komentar sesuai topik dan judul. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, pornografi, dan semacamnya akan dihapus atau dianggap sebagai SPAM. Kotak komentar ini support smilley, kode, gambar, ataupun video.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Entri Populer


Komentar Terbaru

Copyright © 2012. Menanti Sang Surya - All Rights Reserved Arek Gresik by AGREZ