Penyebab Kerusakan Pada Memori PC & Laptop

Penyebab Kerusakan Pada Memori PC & Laptop - Hallo sahabat Menanti Sang Surya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penyebab Kerusakan Pada Memori PC & Laptop, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan silakan anda ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hardware Komputer, Artikel Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penyebab Kerusakan Pada Memori PC & Laptop
link : Penyebab Kerusakan Pada Memori PC & Laptop

Baca juga


Penyebab Kerusakan Pada Memori PC & Laptop

Kerusakan-kerusakan yang sering terjadi terhadap PC / laptop anda mungkin saja disebabkan oleh hal-hal yang belum anda ketahui. bahkan hal terkecilpun dapat merusak rangkaian komputer PC / laptop anda.


simak beberapa penyebab kerusakan terhadap memori PC/laptop anda berikut ini:
 

1. Korosi/Kerusakan fisik
Korosi atau Kerusakan secara permanen adalah suatu kerusakan yang diakibatkan oleh adanya listrik statis yang mengalir pada rangkaian baik dalam keadaan mati maupun keadaan hidup.

Listrik statis ini berasal dari sentuhan tangan Manusia, sehingga menyebabkan korosi ini terjadi. saat korosi ini terjadi, tidak akan langsung merusak komponen tersebut tapi akan membutuhkan waktu 2 hingga 3 Bulan Penggunaan setelah rangkaian tersentuh langsung dengan tangan, maka setelah itu memori Anda akan mengalami Korosi atau Kerusakan Fisik.

Untuk Menanggulangi hal ini, ketika anda melakukan perawatan PC atau membuka seluruh rangakaian PC atau Laptop anda, sangat disarankan Menggunakan Sarung tangan atau Geronding untuk menetralkan listrik statis yang ada pada tangan anda sehingga Memori tidak akan mengalami kerusakan fisik.

ilustrasi memori berkorosi

Namun Korosi ini tidak hanya berlaku pada memori saja tapi seluruh rangkaian pada PC atau laptop anda sehingga sangat diperlukan peralatan yang memadai untuk bisa melakukan perawatan ataupun membongkar perangkat komputer anda.

2. Pemasangan Yang terbalik
Pemasangan yang terbalik juga dapat merusak perangkat memori karena jumlah pin sisi kiri dan sisi kanan berbeda, sehingga ketika dipasang terbalik maka pembatas pin pada slot akan merusak salah satu pin dari memori tersebut.

Untuk menanggulangi hal seperti ini, anda harus betul-betul memasangnya dengan benar dam sesuai dengan prosedur yang ada. dan apabila anda memang masih pemula dalam masalah ini, pastikan bahwa ada pembimbing yang lebih tau tentang hal in.
3. Tidak Seimbang Dengan Penggunaan 
Terjadinya ketidak seimbangan dari segi spesifikasi komputer juga dapat menyebabkan kerusakan pada memori. misalnya anda menggunakan Prosessor Core2Duo namun Memori yang anda gunakan hanya memori 512 Mb. ketika terjadi seperti ini, memori dituntut untuk terus bekerja keras untuk memfasilitasi Prosessor yang jauh lebih besar dibandingkan dengan space pada memori.

untuk menanggulangi hal seperti ini, cukup anda Upgrade memori anda dan seimbangkan dengan spesifikasi pada komputer anda. sehingga memori tidak cukup melakukan hal yang berat untuk hal yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diload oleh memori.

4. Menyala Dalam Keadaan Memori Tidak Rapat
Ketika anda memasang memori pada slotnya, pastikan bahwa memori tersebut telah rapat dan kedua pengancing memori telah terpasang dengan rapat terhadap memori. karena ketika memori yang digunakan itu longgar dan anda langsung menyalakan komputer, itu dapat mengakibatkan kerusakan pada memori dan lebih parahnya dapat terjadi kosleting terhadap memori atau sering disebut oleh orang-orang yang ahli dibidang ini bahwa memori anda telah terbakar.

5. Over Voltage
Over Voltage merupakan suatu kerusakan terhadap memori akibat dari voltase yang tidak dapat dibatasi oleh catu daya. sehingga listrik dengan tegangan tinggi akan langsung mengalir kedalam memori dan setelah memori kelebihan daya maka akan terjadilah Over Voltage.
dalam Kasus ini, disarankan anda menggunakan UPS atau setidaknya Pengatur voltase (Stabilizer). agar komputer dan memori anda aman dari kerusakan yang diakibatkan oleh kelebihan daya.

Sekian Artikel Penyebab Kerusakan Terhadap Memori PC & Laptop. semoga bisa membantu teman-teman yang mengalami masalah terhadap memori untuk menghindari hal terjadi kedua kalinya.


Demikianlah Artikel Penyebab Kerusakan Pada Memori PC & Laptop

Sekianlah artikel Penyebab Kerusakan Pada Memori PC & Laptop kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penyebab Kerusakan Pada Memori PC & Laptop dengan alamat link https://menantisangsurya.blogspot.com/2014/05/penyebab-kerusakan-pada-memori-pc-laptop.html

0 komentar:

Post a Comment

Komentar di moderasi, Silahkan tinggalkan komentar sesuai topik dan judul. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, pornografi, dan semacamnya akan dihapus atau dianggap sebagai SPAM. Kotak komentar ini support smilley, kode, gambar, ataupun video.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Entri Populer


Komentar Terbaru

Copyright © 2012. Menanti Sang Surya - All Rights Reserved Arek Gresik by AGREZ