Cara Memperbaiki Hardisk Rusak / Mati

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak / Mati - Hallo sahabat Menanti Sang Surya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Memperbaiki Hardisk Rusak / Mati, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan silakan anda ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hardisk, Artikel Hardware Komputer, Artikel Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Memperbaiki Hardisk Rusak / Mati
link : Cara Memperbaiki Hardisk Rusak / Mati

Baca juga


Cara Memperbaiki Hardisk Rusak / Mati

Cara Memperbaiki HardDisk RusakKali ini saya akan coba share tentang cara memperbaiki harddisk yang rusak akibat konsleting listrik. Sebenarnya ini hanyalah pengalam pribadi saja ketika saya memperbaiki hard disk milik pelanggan yang rusak akibat konslet. Jadi pertanggungjawaban secara teoritis keilmuan elektronika, saya sendiri tidak bisa menjawabnya, yang jelas it's work dan sukses.

Hard disk yang saya perbaiki yaitu seagate barracuda 40Gb. Kenapa saya bisa menyimpulkan bahwa hardisk ini konslet? Alasannya adalah Kondisi Harddisk mati total serta Kondisi tegangan listrik di tempat tinggal pelanggan sering kali naik-turun, bahkan sering terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. sehingga saya menyimpulkan bahwa wafatnya harddisk ini akibat tegangan yang tidak setabil. :)

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang mengakibatkan harddisk bisa konslet, diantaranya:


  1. Adanya kelebihan tegangan yang mengalir dari power supply (over voltage)
  2. Tegangan tidak setabil yang diterima power supply, sehingga tegangan yang keluar tidak setabil (naik-turun)
  3. Cairan dari binatang yang mati dan membusuk atau kotorannya, misal cicak, kecoa, tikus, kambing, kucing, dll.. :)
  4. Udah nasib... :)

Sebelum anda memperbaiki harddisk, sebaiknya anda persiapkan dulu peralatannya
- Obeng, biasanya menggunakan obeng bintang
- Multitester, untuk mengecek komponen
- Solder, timah solder, arpus atau bisa menggunakan Flux
- siap-siap untuk membeli dioda atau bisa mengambil dari perangkat lain asal sama.
Cara Memperbaiki HardDisk RusakCara Memperbaiki HardDisk Rusak

Jika persiapan telah selesai, berikut langkah yang bisa kita gunakan.
Perhatikan, ada dua bentuk board harddisk yaitu board yang komponennya diletakan di dalam dan ada juga yang diletakan diluar, tapi secara umum prinsipnya sama.

Pertama, buka board harddisk.
walaupun komponennya terletak di luar, disarankan sebaiknya board tetap dibuka agar panas yang ditimbulkan oleh solder tidak mempengaruhi bagian dalam harddisk, walaupun tidak dibuka juga tidak apa-apa.
Cara Memperbaiki HardDisk Rusak
Konslet pada harddisk Seagate ini sering terjadi di bagian DIODA pengaman tegangan 12 volt nya. Tegangan 12 voltnya yaitu kabel power suply yang berwarna kuning. Sedangkan kabel merah tegangannya 5 volt. Kadang DIODA pengaman tegangan 5 volt juga pernah konslet tapi jarang.
Cara Memperbaiki HardDisk Rusak
 Silahkan lakukan pengecekan pada dioda tersebut dengan ampere meter.
Cara Memperbaiki HardDisk Rusak

Ganti dioda harddisk yang konslet tersebut dengan dioda yang sama (biasanya 1-2 Ampere) anda bisa membeli di toko elektronik terdekat. Ingat, perhatikan posisi anoda dan katodanya.
Cara Memperbaiki HardDisk RusakCara Memperbaiki HardDisk Rusak

Sebenarnya dengan hanya melepas dioda yang rusak tanpa menggantinya, Harddisk anda sudah kembali normal. Tapi cara ini sangat rentan, karena tanpa dioda berarti tanpa proteksi kalau ada over voltage/ kelebihan tegangan.

Dioda berfungsi sebagai saringan daya, sehingga daya yang mengalir ke komponen lain bisa berjalan stabil.
Cara Memperbaiki HardDisk Rusak
Selesai.


Demikianlah Artikel Cara Memperbaiki Hardisk Rusak / Mati

Sekianlah artikel Cara Memperbaiki Hardisk Rusak / Mati kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Memperbaiki Hardisk Rusak / Mati dengan alamat link https://menantisangsurya.blogspot.com/2014/06/cara-memperbaiki-hardisk-rusak-mati.html

0 komentar:

Post a Comment

Komentar di moderasi, Silahkan tinggalkan komentar sesuai topik dan judul. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, pornografi, dan semacamnya akan dihapus atau dianggap sebagai SPAM. Kotak komentar ini support smilley, kode, gambar, ataupun video.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Entri Populer


Komentar Terbaru

Copyright © 2012. Menanti Sang Surya - All Rights Reserved Arek Gresik by AGREZ