Jenis Mekanisme Katup Mesin

Jenis Mekanisme Katup Mesin - Hallo sahabat Menanti Sang Surya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jenis Mekanisme Katup Mesin, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan silakan anda ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komponen Mesin, Artikel Otomotif, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jenis Mekanisme Katup Mesin
link : Jenis Mekanisme Katup Mesin

Baca juga


Jenis Mekanisme Katup Mesin

Mekanisme katup pada mesin kendaraan berfungsi untuk mengatur pemasukan gas baru (campuran bahan bakar dan udara) secara optimal ke dalam silinder dan mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang

Berikut adalah jenis jenis mekanisme katup yang ada pada mesin kendaraan

Mekanisme Katup Mesin

Katup di Samping ( Side Valve atau SV )Mekanisme Katup dengan Poros Kam Di Bawah

Katup di Samping ( Side Valve atau SV )

Konstruksi SV memiliki ciri katup berdiri dan di samping blok motor serta poros kam terletak di bawah. Keuntungannya konstruksi mesin sederhana, mesin pendek tidak memakan tempat, suara tidak berisik, namun bentuk ruang bakar kurang menguntungkan bagi proses pembakaran yang ideal dan Penyetelan celah katup sulit.


Katup di Kepala Silinder (Over Head Valve atau OHV)Katup di Kepala Silinder (Over Head Valve atau OHV)

Katupnya menggantung di kepala silinder, poros kam terletak di bawah. Keuntungannya bentuk ruang bakar yang baik, namun kerugiannya adalah banyak komponen/ bagian-bagian yang bergerak berarti kelembaman massa besar sehingga tidak ideal untuk mesin putaran tinggi







Mekanisme Katup Dengan Poros Kam Di Atas

Satu Poros Kam di Kepala (Single Over Head Camshaft atau SOHC)

Pada konstruksi SOHC atau OHC saja, poros kam berada di kepala silinder dan langsung menggerakkan tuas katup (A) atau tuas ayun katup (B). Keuntungannya sedikit komponen/ bagian-bagian yang bergerak, berarti kelembaman massa kecil, sehingga baik untuk putaran tinggi.
Kerugiannya adalah konstruksi motor menjadi tinggi karena ada mekanisme tuas ayun.
Satu Poros Kam di Kepala (Single Over Head Camshaft atau SOHC)Satu Poros Kam di Kepala (Single Over Head Camshaft atau SOHC)


Dua Poros Kam Di Kepala(Double Over Head Camsaft atau DOHC)

Dua Poros Kam Di Kepala(Double Over Head Camsaft atau DOHC)Konstruksi DOHC memiliki dua kam di kepala silinder, kam langsung menggerakkan mangkok penumbuk. Keuntungannya bentuk ruang bakar baik dn susunan katup-katup bentuk V menguntungkan bagi performance atau unjuk kerja mesin. Kelembaman massa paling kecil, sehingga baik untuk putaran tinggi. Kerugiannya konsrtuksi mesin mahal, mesin lebih berat dan penyetelan celah katup lebih sulit




Demikianlah Artikel Jenis Mekanisme Katup Mesin

Sekianlah artikel Jenis Mekanisme Katup Mesin kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jenis Mekanisme Katup Mesin dengan alamat link https://menantisangsurya.blogspot.com/2016/07/jenis-mekanisme-katup-mesin.html

0 komentar:

Post a Comment

Komentar di moderasi, Silahkan tinggalkan komentar sesuai topik dan judul. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, pornografi, dan semacamnya akan dihapus atau dianggap sebagai SPAM. Kotak komentar ini support smilley, kode, gambar, ataupun video.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Entri Populer


Komentar Terbaru

Copyright © 2012. Menanti Sang Surya - All Rights Reserved Arek Gresik by AGREZ