Tips Cara Menghemat Battery Android

Tips Cara Menghemat Battery Android - Hallo sahabat Menanti Sang Surya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Cara Menghemat Battery Android, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan silakan anda ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Android, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Cara Menghemat Battery Android
link : Tips Cara Menghemat Battery Android

Baca juga


Tips Cara Menghemat Battery Android


battery-01
Jadi semakin keras prosessor bekerja semakin boros battery, semakin terang dan lama layar menyala semakin boros battery dan yang paling penting semakin tinggi frekuensi maka semakin membutuhkan daya yang besar pula. Selain itu perpindahan mode frekuensi, misalnya antara GPRS/EDGE dan 3G/HSDPA juga turut andil dalam pemborosan battery.


Saat ini android sudah menguasai sebagian besar pasar smartphone dan tablet PC. Hal ini tidak terlepas dari faktor harga yang terjangkau dengan fitur android yang lumayan bagus. Fitur tersebut diantaranya meliputi layar sentuh yang semakin canggih dan lebar, kamera dengan resolusi yang baik, serta koneksi internet yang lebih cepat dan stabil. Semakin hari pertumbuhan pemakai android semakin banyak dan kini telah mengalahkan Nokia, Apple dan Blackberry yang pernah merajai pasar ponsel dan smartphone.
Namun fitur android yang sedemikian hebat akan terasa tidak ada artinya manakala tidak diikuti dengan kekuatan battery yang memadai. Sering kali beberapa pengguna android kehabisan battery dan harus membawa Powerbank kemana-mana. Sekedar pengetahuan, Powerbank adalah alat penyimpan daya yang bisa dipakai untuk mengecas battery ponsel android.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah memang android itu sedemikian boros battery-nya? Ternyata jawabnya bergantung pada pemakai itu sendiri. Jika memang battery boros karena pemakaian tentu tidak jadi soal, namun yang jadi pertanyaan mengapa saat standby pemakaian bettery masih boros. Ini tentu berkaitan dengan pengetahuan tentang sistem kerja ponsel android dan karakteristik battery oleh masing-masing pengguna yang juga sangat menentukan penggunaan battery dan umur pakai battery android.
penggunaan battery androidSecara garis besar, penggunaan battery andoid terbanyak ada pada prosessor, layar dan bagian sinyal. Prosessor adalah otak dari sistem operasi android yang mengerjakan semua perintah dan proses selama penggunaan ponsel. Layar adalah bagian yang menampilkan visualisasi dari proses kerja android, misal menampilkan aplikasi, icon, gambar, video atau hanya sekedar wallpaper saja. Sedangkan bagian sinyal adalah bagian yang mengatur koneksi android. Koneksi ini meliputi pemancar (transmitter) dan penerima (receiver) pada jalur frekuensi yang dipilih, misal 900MHz, 850MHz, 1800MHz dan 2100MHz.
Berdasarka keterangan diatas dapat disimpulkan beberapa cara untuk menghemat battery sebagai berikut:
  1. Jika tidak membutuhkan internet dengan kecepatan tinggi, ganti mode jaringan koneksi internet menjadi EDGE/GPRS/2G.
    Hal ini karena jaringan 3G/HSDPA membutuhkan daya yang relatif besar. Ini dimungkinkan saat kita dalam posisi pasif yaitu menggunakan internet hanya untuk menerima pesan dari whatsapp/bbm saja.
  2. Jika berada dalam kondisi sinyal 3G/HSDPA yang kecil, ubahlah ke mode EDGE/GPRS/2G karena perpindahan jaringan akan cukup menguras battery tanpa kita sadari.
  3. Jangan menggunakan ponsel sambil bergerak/berjalan jika tidak perlu karena pancaran sinyal (transmitter/receiver) akan membutuhkan daya yang lebih besar dibanding saat kita pada posisi diam/tetap.
  4. Switch atau mengalihkan koneksi internet melalui Wifi atau bluetooth jika tersedia jaringan Wifi atau bluetooth karena koneksi internet menggunakan SIM Card membutuhkan daya yang lebih besar untuk konek.
  5. Matikan koneksi Wifi dan bluetooth jika tidak digunakan.
  6. Meskipun tidak dianjurkan, namun mematikan sambungan data seluler adalah pilihan yang logis jika kita berada posisi battery yang minim. Cara ini hanya untuk kondisi darurat karena tentu mengurangi utilitas dari android tersebut. Hal ini karena salah satu kelebihan android adalah adanya beberapa aplikasi favorit seperti Whatsapp dan BBM yang menggunakan sambungan data seluler.
  7. Pergunakan fitur dan aplikasi yang menggunakan koneksi seperlunya saja lalu setelah itu matikan aplikasi tersebut, misalnya GPS dan Sync.
  8. Kurangi kinerja prosessor dengan cara mematikan aplikasi yang tidak perlu melalui task manager.
  9. Jangan sering-sering mengakhiri aplikasi dengan menekan tombol Home karena aplikasi tersebut akan tetap berjalan meski tidak terlihat. Hal ini karena android adalah sistem operasi yang multi tasking yang bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus menutup aplikasi yang lain.
  10. Mengurangi kinerja prosessor juga bisa dilakukan dengan tidak memasang wallpaper bergerak dan animasi yang berlebihan.
  11. Kurangi kecerahan layar namun jangan mengganggu pandangan. Ini cukup membantu namun tidak sebesar penggunaan sinyal dan prosessor.
  12. Gunakan headset untuk mendengarkan suara dan kurangi penggunaan speaker.
  13. Atur volume nada dering atau music yang cukup dan jangan terlalu keras.
  14. Matikan fitur getar manakala tidak dibutuhkan.
  15. Jaga umur pakai dan kemampuan battery dengan cara langsung mengecasnya jika sudah ada peringatan low bat. Karena jika sering dipaksakan sampai kondisi battery dibawah 10% akan sangat mengurangi umur pakai dan kemampuan battery. Hal ini karena pada umumnya battery android adalah dari jenis Lithium (Li) bukan Nikel Cadmium (NiCD) seperti battery tamiya yang hanya dicas saat battery sudah habis.
  16. Meski tidak saya anjurkan namun memasang aplikasi penghemat battery adalah langkah terakhir yang bisa dilakukan. Tidak dianjurkan karena kadang aplikasi tersebut malah justru menguras battery atau bisa juga membuat kekacauan sistem karena bisa leluasa mengatur kinerja android.
Demikian Tips cara untuk menghemat battery android, bagi yang mau sharing atau menambahkan silahkan isi pada kolom komentar.


Demikianlah Artikel Tips Cara Menghemat Battery Android

Sekianlah artikel Tips Cara Menghemat Battery Android kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Cara Menghemat Battery Android dengan alamat link https://menantisangsurya.blogspot.com/2014/05/tips-cara-menghemat-battery-android.html

0 komentar:

Post a Comment

Komentar di moderasi, Silahkan tinggalkan komentar sesuai topik dan judul. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, pornografi, dan semacamnya akan dihapus atau dianggap sebagai SPAM. Kotak komentar ini support smilley, kode, gambar, ataupun video.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Entri Populer


Komentar Terbaru

Copyright © 2012. Menanti Sang Surya - All Rights Reserved Arek Gresik by AGREZ