Cara memperbaiki Master Boot Record ( MBR ) Pada Hardisk

Cara memperbaiki Master Boot Record ( MBR ) Pada Hardisk - Hallo sahabat Menanti Sang Surya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara memperbaiki Master Boot Record ( MBR ) Pada Hardisk, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan silakan anda ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hardisk, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara memperbaiki Master Boot Record ( MBR ) Pada Hardisk
link : Cara memperbaiki Master Boot Record ( MBR ) Pada Hardisk

Baca juga


Cara memperbaiki Master Boot Record ( MBR ) Pada Hardisk

Pengertian MBR (Master Boot Record) Bisa dibaca disini

Apakah anda mempunyai hardisk yang tidak terbaca di windows, tetapi dapat terbaca di BIOS ? Kebanyakan orang akan menganggap bahwa hardisk tersebut sudah rusak dan tidak dapat di pakai kembali, tetapi sebenarnya itu salah, selama firmware hardisk masih dapat terbaca di BIOS, berarti Hardisk tersebut masih dapat dipergunakan lagi.

Hal tersebut diakibatkan karena MBR (Master Boot Record) yang seharusnya menjadi kontrol dari suatu hardisk telah rusak (corrupted) atau bahkan terhapus karena faktor ketidak sengajaan atau secara sengaja dengan menggunakan tool/software yang ada.

Banyak program yang mengklaim dapat memperbaiki MBR dengan cepat, hanya dalam hitungan detik dapat menghapus, menginstall, atau mengedit MBR sesuai keinginan kita, tetapi apabila anda kurang memahami cara kerja MBR anda akan mengalami kesulitan dalam pengerjaannya. Bahkan kadang-kadang ada hardisk yang bandel dan sangat sulit untuk diperbaiki dengan menggunakan tools tersebut. hal tersebut dikarenakan terlalu banyaknya data-data yang disimpan didalam memori hardisk yang tidak hilang dengan cara di format melalui cara biasa.

Tetapi jangan khawatir, berikut adalah cara-cara untuk memperbaiki MBR Hardisk yang bandel sekaligus menghapus seluruh data secara permanen, sehingga kondisi hardisk menjadi seperti baru lagi.


A .CARA PERTAMA


1.  Siapkan Hiren’ Boot CD anda yang terbaru, kemudian masukan kedalam CD/DVD ROM anda
2.  Setting BIOS anda agar dapat Booting dari CD/DVD.
3.  Arahkan ke Dos Program kemudian tekan Enter.


4.  Pilih Hard Disk Tools


5.  Cari dan pilih Active Kill Disk 



6. Cari dan pilih Hard disk anda yang bermasalah kemudian ikuti petunjuk yang ada (F10) untuk langsung menghapus data dan menginstall MBR default



7.  Tunggu sampai selesai.

Dengan menggunakan tool ini memang membutuhkan waktu yang relatif cukup lama, bahkan bisa sampai seharian, tetapi hasil yang didapat sangat sesuai dengan waktu yang diperlukan.


B. CARA KEDUA

Dengan berbekal cd windows xp, anda juga bisa memperbaiki MBR.
Peralatan:

-  CD windows XP ( Bisa yang SP1 ,SP2 atau SP3 )

Caranya:

  1. Atur settingan pada BIOS agar bisa boot pertama kali dari CD.
  2. Setelah itu masukkan CD Windows XPnya..tunggu sampe muncul pilihan untuk boot dari CD.  Kemudian tekan sembarang tombol untuk boot dari CD Windows.
  3. Ketika sudah booting dari CD Windows nanti akan mucul 3 menu. Pilih menu untuk recovery
  4. console atau tekan R.
  5. Nanti akan masuk console CMD.
  6. Kalo ada password admin,masukin aja. Tapi kebanyakan gak pake password. Enter
  7. Nanti akan masuk di drive D:\
  8. Ketikkan "fix mbr" (tanpa tanda petik). terus tekan Enter dan tekan YES.
  9. Ketikkan "fix boot" (tanpa tanda petik". terus tekan Enter dan tekan YES.
  10. Setelah itu ketik quit / close.
  11. Restart.

Demikian tutorial ini saya tulis ,semoga bermanfaat
Terima kasih.


Demikianlah Artikel Cara memperbaiki Master Boot Record ( MBR ) Pada Hardisk

Sekianlah artikel Cara memperbaiki Master Boot Record ( MBR ) Pada Hardisk kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara memperbaiki Master Boot Record ( MBR ) Pada Hardisk dengan alamat link https://menantisangsurya.blogspot.com/2014/04/cara-memperbaiki-master-boot-record-mbr.html

6 komentar:

Unknown said...

Makasih tutor nya gan. .

GHYAS STORE said...

Sama2 terima kasih telah berkunjung ke blog saya.

Ratih permatasari said...

sob , laptop saya tidak bisa start up , ketika saya coba lagi , secara otomatis windows melakukan repair dan tidak kunjung selesai setelah ditunggu selama 1 hari penuh .
Saya duga ini karena master boot record nya rusak .

Akhirnya teknisi bilang harddisk nya tidak terbaca/tidak ditemukan ketika mau instal ulang , dan saya disuruh untuk ganti harddisk .
secara , hardisk itu mahal dan data penting saya akan hilang semua jika ganti baru .

mohon pencerahannya , sebenarnya apa yang salah di laptop saya ? , dan apa solusinya ?

salam.

Ratih permatasari said...

sob , laptop saya tidak bisa start up , ketika saya coba lagi , secara otomatis windows melakukan repair dan tidak kunjung selesai setelah ditunggu selama 1 hari penuh .
Saya duga ini karena master boot record nya rusak .

Akhirnya teknisi bilang harddisk nya tidak terbaca/tidak ditemukan ketika mau instal ulang , dan saya disuruh untuk ganti harddisk .
secara , hardisk itu mahal dan data penting saya akan hilang semua jika ganti baru .

mohon pencerahannya , sebenarnya apa yang salah di laptop saya ? , dan apa solusinya ?

salam.

GHYAS STORE said...

Terima kasih Ricky Oktaviandra sudah mampir ke blog saya,
mohon maaf akhir2 ini saya jrng online jadi agak lama untuk balas pesan2 yg masuk.
dari kondisi yang anda gambarakan di atas kemungkinan bisa jadi hardisknya rusak atau bisa juga dari laptopnya yg rsk biasanya di I/O chipset, yg sering ampere dan voltase turun, bisa juga di sebabkan oleh badsector dan kegagalan fimware.
untuk memastikan coba ganti dengan hardik lain terbaca atau tidak. atau bisa juga hardisk laptopnya di pasang di PC untuk pengecekan. bila sdh di pindah ke pc tdk kebaca sudah di pastikan hardisknya bermasalah biasanya paling sering di dioda power. 5v + 12v, tpi kklu di PC ternyata kebaca dan jalan normal brarti laptop perlu di cek di IC I/O.
demikian semoga membantu.

MM said...

ini bakal menghapus data2 di hardisk gak? yang pakai hiren

Post a Comment

Komentar di moderasi, Silahkan tinggalkan komentar sesuai topik dan judul. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, pornografi, dan semacamnya akan dihapus atau dianggap sebagai SPAM. Kotak komentar ini support smilley, kode, gambar, ataupun video.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Entri Populer


Komentar Terbaru

Copyright © 2012. Menanti Sang Surya - All Rights Reserved Arek Gresik by AGREZ