Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya

Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya - Hallo sahabat Menanti Sang Surya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan silakan anda ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Otomotif, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya
link : Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya

Baca juga


Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya

blok mesin

Konstruksi Blok Mesin atau Engine


Menurut saya engine / mesin adalah satu kesatuan komponen yang sudah terpasang secara baik dan benar dan menjadi satu kesatuan yang dapat menggerakan suatu kendaraan.
Sacar umum komponen utama engine ada tiga yaitu :
  • Kepala silinder
  • Blok
  • Ruang carter / ruang oli
    ( pelengkap : gasket / paking


Kepala silinder

Kepala silinder adalah komponen utama mesin yang ditempatkan di atas mesin
Fungsinya :
    kepala silinderkepala silinder
  • Penutup blok silinder
  • Penempatan kelengkapan motor :
    • Mekanisme Penggerak Katup
    • Ruang Bakar
    • Saluran Masuk dan Buang
    • Saluran Pelumasan dan Pendinginan 
    • Busi
    • Injector ( mesin diesel atau mesin EFI )
Kepala silinder terbuat dari besi tuang, tapi sekarang banyak yang di buat dari paduan aluminium karena memiliki kemampuan pendinginan yang lebih besar. Kepala silinder ada yang terbuat terpisah ( satu kepala silinder untuk setiap kepala silinder ) dan ada juga yang dibuat satu kesatuan.


Blok Mesin

Blok adalah tempat untuk silinder, saluran pendingin mesin, dan piston. Blok juga merupakan tempat untuk piston melakukan langkah kerjanya yaitu
    blok silinder
  • LANGKAH HISAP :
    yaitu langkah dimana saat katup masuk terbuka dan  piston bergerak ke bawah atau dari TMA ke TMB menghisap campuran udara dan bahan bakar dari karburator ( pada mesin bensin ), atau udara saja ( pada mesin diesel / mesin EFI )
  • KOMPRESI
    yaitu saat kedua katup tertutup dan piston bergerak ke atas atau dari TMB ke TMAmemampatkan campuran udara dan bahan bakar ( mesin bensin ), hanya udara ( mesin diesel / mesin EFI )
  • USAHA
    yaitu saat kedua katup masih tertutup, torak atau piston hampir sampai ke TMA busi memercikan bunga api ( mesin diesel : injektor mengkabutkan bahan bakar solar ) sehingga terjadi ledakan yang mengakibatkan piston terdorong ke TMB.
  • BUANG
    yaitu saat katup terbuang piston kembali bergerak ke TMA mendorong gas sisa pembakaran ke katup buang.
TMA : Titik Mati Atas
TMB : Titik Mati Bawah

bak oli /ruang carterRuang carter/ ruang oli

Sesuai namanya tentu saja adalah tempat untuk  menampung oli mesin dan pompa oli mensirkulasi oli mesin.  Selain itu, di ruang carter juga sebagai tempat crankshaft beroperasi.



Gasket / paking berada di antara sambungan mesin yang berfungsi untuk mencegah kebocoran pada mesin.






Mobil tidak hanya terdiri dari mesin,mesin hanyalah sumber tenaga dari mobil, mobil tidak akan bisa berjalan tanpa komponen pendukung yang lain seperti komponen pemindah tenaga, sistem pengapian, sistem bahan bakar, sistem starter, dan masih banyak yang lain. Disini saya akan berusaha membahasnya satu persatu, dimulai dari mesin yang sudah di bahas di atas, selanjutnya adalah sistem pemindah tenaga >>>


    Demikianlah Artikel Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya

    Sekianlah artikel Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

    Anda sekarang membaca artikel Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya dengan alamat link https://menantisangsurya.blogspot.com/2014/08/konstruksi-blok-mesin-dan-fungsinya.html

    0 komentar:

    Post a Comment

    Komentar di moderasi, Silahkan tinggalkan komentar sesuai topik dan judul. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, pornografi, dan semacamnya akan dihapus atau dianggap sebagai SPAM. Kotak komentar ini support smilley, kode, gambar, ataupun video.

    ◄ Posting Baru Posting Lama ►
     

    Formulir Kontak

    Name

    Email *

    Message *

    Entri Populer


    Komentar Terbaru

    Copyright © 2012. Menanti Sang Surya - All Rights Reserved Arek Gresik by AGREZ